Langsung ke konten utama

Absurd yang Bikin Tenar (Part 2) – YouTube (Indonesia) Is Shit!

Seperti tulisan sebelumnya, banyak cara buat terkenal.

Lu bisa lypsinc sambil joget2 kalo itu gak ada hubungannya sama profesi lu, lu bisa ngelakuin hal – hal aneh, makan sabun misalnya, bikin ASMR Samyang tapi pake Indomie Goreng dan ketahuan sama viewers lu.

Moba, Mobile, Mobile Moba, AOV, Arena of Valor
AOV. Best. Mobile. MOBA. Ever.

Tapi di platform video, khususnya YouTube beberapa waktu ke belakang, walaupun gua gak pernah ngikutin trendingnya YouTube Indonesia (yang internasional aja kagak gua ikutin, ngapain gua ikutin yang lebih sampah lagi). Konten tentang video games lagi booming banget, yaaa emang sih video gamesnya itu – itu aja, kaya misalnya Player Unknown Battleground, Mobile Legends, dan games mobile yang lain yang sangat tidak signifikan jika dibandingkan dengan kedua judul di awal itu.

Yaaa, soalnya gua gak pernah ngeliat content game selain 2 game itu yang punya view ratusan ribu / jutaan dalam minggu pertama videonya di keluarin. Dan memang seleranya orang Indonesia mungkin ya yang lagi keranjingan game mobile, karena mungkin alesan – alesan seperti ini:
    

  1. Game mobile biasanya gratis, lu akan bayar untuk kosmetik dan special privileges di in game aja, yang biasanya gak ngaruh sama gameplay, beda sama game PC atau konsol yang lu musti beli gamenya yang mahal, abis itu beli downloadable content buat ngerasain experience penuhnya (MICRO TRANSACTION KEPARAT, BAJINGAN). Yang mana gak semua orang Indonesia kemampuan ekonominya sanggup buat hal itu. 
  2. Alat buat mainnya murah, kalo lu mau main game PUBG di PC, lu minimal harus punya budget sekitar 6 sampe 7 juta rupiah, kalo lu mau main PS 4 atau Xbox One atau Nintendo Switch, lu harus punya budget sekitar 4 sampe 6 juta, itu baru konsol, belom termasuk lu beli TV HDMI, beli game lain, atau beli alat control tambahan. Kalo mobile? Percayalah, HP sejuta umat (Xiaomi Redmi Note 5) punya gua, bisa main PUBG M dengan lancar, dan kalo lu tega sama hp lu (lu tega hp lu over heat dan bocor batrenya) lu bisa colok GSFX Tool buat ngerasain main PUBG M di HP dengan kualitas HD dan 60 FPS di hape sejuta umat, budget? 2 juta ajah, dan masih bisa lu pake buat telepon, foto – foto, nyebar hoax, sama berantem di kolom komentar
  3. Online experience game mobile lebih mudah dan murah, kalo lu main di PC atau konsol, minimal lu harus pake internet provider yang udah nyediain jaringan optic, biar gak lag banget, atau lu make bandwidth yang gede sekalian, budget buat koneksinya aja bisa 400 ribu rupiah per bulan. Mobile? KAWAN MISQIN QU, KALO QUOTA LU, LU IRIT2 DENGAN TIDAK MEMBUKA INSTAGRAM STORIES DAN NONTON YOUTUBE, PERCAYALAH, DENGAN UANG SERATUS RIBU DAN BERMODALKAN SIMCARD JABLAY (SEKALI PAKE BUANG) LU AKAN PUNYA QUOTA NGEGAME (PUBG M/ MOBILE LEGENDS) UNTUK 3 ATAU 4 BULAN KE DEPAN.

Oke, karena faktor – faktor di atas, maka gua membuat kesimpulan kenapa konten gaming bisa tenar di ranah YouTube Indonesia. Yang jadi permasalahan dan mengganggu menurut gua bukan konten gamingnya, tapi gimana si YouTuber mengemas konten gaming mereka biar bisa narik view, karena kita semua tahu, lu nge YouTube sekarang bukan buat nyalurin hobi kreatif,  GUA NGEYUTUB BIAR CEPET KAYA DARI AD SENSE, DAN GUA GAMAU REPOT KERJA, pemikiran kontol kaya gini yang menurut gua bikin konten YouTube sekarang jadi dibuat dengan asal oleh para YouTuber.

Konten gaming YouTube yang menurut gua paling mengganggu tapi paling cepet generate views ada 2, yang pertama adalah jadi sultan.

Oke buat yang gatau, maksudnya jadi sultan disini adalah konten yang isinya si gamers/YouTubers, buang-buang uang mereka, dengan mengisi dompet digital di game itu, untuk membeli item langka, yang kemungkinan dapetnya kecil, dengan kata lain, JUDI SKIN/KOSTUM/GATCHA. Kenapa konten ini bisa laris manis?

Sebagaimana udah gua jelasin di atas, perkiraan gua untuk segmentasi penonton game mobile adalah kaum – kaum menengah kebawah, dimana mereka akan berfikir 2 kali sebelum mereka menghamburkan uang mereka untuk membeli skin/kostum karakter yang tidak akan berpengaruh apa – apa, jadi bagaimana cara mereka memuaskan hasratnya untuk melihat kostum/skin tersebut? Menonton konten game bakar – bakar uang, agar penasaran mereka bisa terpenuhi. Nih sedikit screenshoot seberapa banyak viewer untuk konten bakar – bakar dompet digital di game PUBG M.

Bakar UC, UC Credits, UC PUBGM, PUBGM, Player Unknown Battleground Mobile, PUBG, Sultan, YouTube Bakar UC
Diambil pada tanggal 24 Maret 2019 - 1


Bakar UC, UC Credits, UC PUBGM, PUBGM, Player Unknown Battleground Mobile, PUBG, Sultan, YouTube Bakar UC
 Diambil pada tanggal 24 Maret 2019 - 2

Memperdayai angan – angan orang emang enak. Gua gatau pemikiran viewersnya ngeliat konten begini enaknya darimana, karena jujur, gua main game walaupun mobile, buat nyari funnya, nah konten ini, dari beberapa kali gua ngeliatin temen gua yang lagi nonton (maaf, gua gamau buka dari youtube gua dan memberikan mereka revenue buat dibakar lagi kemudian) isinya mereka cuman ngomong ngalor ngidul, buka – buka kotak (kalo di PUBG M) sambil marah – marah kalo gak dapet, kalo dapet? Gampang, kalian tinggal lempar HPnya, loncat – loncat sambil teriak – teriak kaya monyet, jangan lupa selipin gameplay kalian di 2 atau 3 menit terakhir untuk menunjukkan kepada SI MISKIN VIEWERS DONGO KALIAN KALO KALIAN PUNYA SKIN ITU DAN EFEK APA AJA YANG KALIAN DAPET DARI SKIN ITU, BIAR SI MISKIN PENONTON KALIAN PUAS. DAN AKAN NONTON LAGI KALO KALIAN BAKAR – BAKAR DOMPET DIGITAL BERIKUTNYA.

Yang kedua mungkin cara paling basic, tapi kalian harus memiliki beberapa spesifikasi khusus buat ngelakuin hal ini, spesifikasinya yang pertama kalian adalah wanita, yang kedua adalah kalian punya dada yang besar, dan yang ketiga kalian punya urat malu yang kuat dan muka yang tebel buat ngehadepin cacian.

Kesimpulannya adalah, lu bikin konten, abis itu lu pake baju minim yang ngeliatin tete lu, akan menjadi nilai tambah kalo lu adalah orang yang masuk dalam standart cantik orang Indonesia, yaitu putih.

Gua cuman tau gamer Indonesia yang kaya gini cuma satu, yaitu Kimi Hime, sumpah, tetenya gede bener, tapi itu efek push up bra, kalo dia gak pake push up bra atau sports bra, gua yakin tetenya ngondoy kemana – mana.

Kimi Hime, Instagram, Besar, Keras, Besar dan Keras, Kimi Hime Besar
Hmm, juicy, ergh, sorry, lu liat aja, caption Instagramnya aja gitu

Kalo kita bicara soal sexist, atau birahi, yaaa, hal ini adalah hal paling basic yang harus laki – laki tahan kalo gamau di cap mesum, atau di tereakin SJW pejuang hak wanita, tapi gua gak mau mendiskreditkan wanita atau Kimi Hime, gua cuma muak sama caranya aja, gimana wanita mau dihormati jika sebagian dari mereka ngemis viewers buat ad sense dengan cara begini. Masih banyak wanita lain yang bisa lu idolain, Najwa Shihab, misalnya, atau Maudy Ayunda, mereka lebih bisa membuat orang kagum dengan kelebihan intelektual mereka, plus mereka cantik, menurut gua itu baru wanita – wanita hebat. Wanita hebat itu adalah wanita yang bisa menggunakan hal lain di dirinya selain daya tarik seksualnya untuk membuat orang lain kagum, bukan lu pamerin tete sama bikin judul click bait yang menjurus ke arah seksual innuendo.

Kimi Hime, Instagram, Besar, Keras, Besar dan Keras, Kimi Hime Besar, YouTuber, Youtuber Gaming
hmmm, ingin mengelus dada yang bersangkutan rasanya
 
Di negara patriarki yang laki – lakinya sangean (jujur, gua juga masih belom bisa jaga nafsu gua) dan masih memandang wanita itu menarik hanya dari bentuk tubuh, terutama tete dan badan, disaat ada wanita yang rela menunjukkan hal – hal murahan tersebut secara gratis, otomatis hal ini bisa menarik banyak wievers, kalo lu mau liat contoh yang lebih internasional dan gila, lu bisa cari skandalnya novapatra, yang dulunya streamer sekarang malah jadi bintang bokep.

Terlebih lagi, dengan iklim internet dan media di Indonesia, yang sedikit – sedikit di blok, belahan tetek dikit di sensor, ciuman dikit di cut, tidak diajarkannya sex education, dan kurangnya pengetahuan orang – orang bodoh yang sangean tentang sebuah teknologi bernama VPN membuat konten konten kaya gini laku, laku dijadikan sebuah bahan pelampiasan buat coli, karena mereka gak tau dapet bokep darimana, hal ini menjadikan konten seperti ini dan video dangdut yang goyangnya sampe gesek – gesek pantat ke titit orang yang nyawer atau gesek – gesek vagina ke benda tumpul / tangan menjadi sebuah ladang duit ad sense di YouTube Indonesia.

Anyway, sebagai penutupan, kalo lu bener – bener mau jadi Youtuber yang katanya adalah sebuah industry kreatif, lu bikin konten yang kreatif juga, mengekspliotasi angan orang boleh, tapi akan lebih bijak kalo lu tidak menjadikan hal tersebut sebagai konten utama lu, sekali setahun atau dua kali setahun bikin konten kaya gitu boleh lah, tapi jangan keterusan. Dan khusus untuk konten – konten seperti Kimi Hime, yaaa, kalo otak lu masih di titit dan pemikiran lu masih cetek tentang equality dan equity, silahkan menikmati konten – konten sampah tersebut, untuk para wanita, gua sih cuma bilang it’s all not just about boobs, vagina, and sex appeal, you are worth more than that.

Bangsat.