Gua kira petualangan Akira Kurusu dan konconya bakal lebih
heboh daripada Yu Narukami dengan Grup detektif cilik dari desa kecil atau
Arisato Minato (nama protagonist Persona 3 versi manga)/Makoto Yuki (versi
film) dengan ekskul S.E.E.S-nya. Nyatanya Akira Kurusu CS belom bisa ngasih
impresi yang berlebih ke gua untuk menyisikan sebagaian kapasitas otak gua buat
nginget cerita Persona 5.
![]() |
Ini Karakter yang Bakal Bisa Lu Mainin, Paling Kanan Adalah Protagonistnya. |
Tapi tunggu dulu, sebelum lu marah-marah ke gua karena gak
setuju perlu gua tekankan bahwa ini adalah tulisan subjektif, jadi kalo lu gak
setuju bukan urusan gua dan gua gak perlu tau dan gua gak peduli. Oh iya satu
lagi, kalau lu gatau game apa yang gua bahas di tulisan ini coba googling,
kepanjangan kalo gua harus jelasin.
Jadi gini sebelum gua masuk ke pokok permasalahan, ada
beberapa hal yang perlu gua puji juga dari game ini. Untuk elu yang belom
pernah main Persona 1 atau 2, game ini ngembaliin cara lama buat ngedapetin
persona (summon) yang akan digunakan oleh protagonist, lu dipaksa untuk
ngebujuk “shadow” dan nanti dia ketawan akan menjadi persona apa, cara bujuknya
juga berbeda untuk tiap shadow. Gak kaya di persona 3 atau 4 yang lu dapetin
persona baru dengan cara random dari gatcha setelah pertempuran selesai.
Selanjutnya, karena ini adalah sebuah game yang dikeluarkan
untuk konsol generasi terbaru, maka buat grafik gak perlu diragukan, mata gua berhasil
dimanjakan dengan visualisasi yang menarik dan design yang “Persona” banget
(kalau lu ngikutin game ini seenggaknya lu tau apa yang gua maksud). Selain itu
ambience kota yang bisa lu jelajahin juga terlihat lebih bagus, dan tentunya
lebih luas, plus lebih banyak kehidupannya.
![]() |
Buitipul, Sangat Persona Sekali, Ini Menu Pas Battle BTW. |
Oke masuk ke main menu, karena ini adalah bagian dari serial
“Shin Megami Tensei” yang kalo kita terjemahin secara harfiah adalah “cerita
kebangkitan dewa” maka game ini memiliki tujuan untuk mengalahkan entitas yang
mempunyai kekuatan dewa atau malah nyerempet-nyerempet Tuhan, di Persona 5 ada Yaldabaoth, di Persona 4 ada Izanagi-No-Okami, dan di Persona 3
ada Nyx (sorry gua gak selesai main Persona 1 sama 2, jadi gua gatau siapa
final bossnya).
Dengan premis akhir seperti itu tentunya
cerita dalam serial Persona ini bisa dibilang cukup gelap, walaupun gak segelap
serial Shin Megami Tensei lainnya (Shin Megaten, kalo mau disingkat). Gelap
dalam artian biasanya di seperempat terakhir game nanti, lu bakal ngerasain
dunia yang hampir kiamat, kaya orang-orang udah pada gak punya passion buat
hidup, karakter utama lu dan konconya hampir patah arang buat nyelamatin dunia,
dan hal-hal buruk bin menyedihkan lainnya, biasanya disini lu bakal nemuin “bad
ending” dari game ini, atau kalau lu mau berjuang sekuat tenaga demi mennggapai
secercah harapan di ujung jalan sana, yaaa, lu bisa dapetin “good ending” yang
jadi tujuan utama game ini.
![]() |
Menurut Survey Rakyat Internet, Ini Adalah Serial Shin Megaten Paling Dark, Karena Lu Bisa Aliansi sama Lucifer Buat Bunuh "God". |
Oke, balik ke Persona 5, menurut gua
jalan cerita di game ini amat-sangat rumit pisan, hal ini di dukung sama tema
besar yang juga diambil sebagai premis dasar game ini sendiri, apa premisnya?
Main gih sana jangan males. Terlalu kompleks dan sudah runyam sejak awal
menurut gua, apalagi tentang masalahnya si Akira Kurusu ini sendiri, di game
sebelumnya, Narukami, atau Minato (sorry gua lebih familiar sama nama manganya,
karena keluar duluan) memulai cerita di game mereka sebagai manusia polos yang
udah ngalamin “permasalahan” yang akan dihadapi, tapi memutuskan untuk cuek
atau beneran gatau sama hal itu. Jujur, gua ngerasa pas main game ini “Anjing,
apa-apaan ini si Kurusu backgrounnya udah gelap begini, padahal gua baru mulai main”.
Hal ini dilakukan karena memang skala
yang diceritakan dan digapai dalam game Persona 5 ini lebih besar dari game
Persona 3 atau 4, tapi kebesaran tersebut menurut gua malah menghilangkan
kedekatan antara karakter yang kita mainkan dan ceritanya, kaya gak ada sense
of belongin dan urgensinya terlalu besar + gila, itu yang menurut gua
ditampilkan di Persona 5.
Gua tidak bermasalah dengan penceritaan dari game ini, toh
jika kita berbicara game buatan Atlus, semuanya runyam dengan indah ceritanya,
tapi cuma Persona 5 yang awalannya adalah benang kusut, kalau game lain
awalannya adalah benang yang lurus, maju sedikit baru kusut lalu diakhiri
dengan benang lurus lagi di ujung, kalau Persona 5 gak kaya gitu, jadi menurut
gua agak susah dicerna, apalagi sama orang yang pertama kali mulai main serial
ini di Persona 5.
Karakternya sendiri kalau gua boleh jujur sangat kurang
punya personality, kalau kamu pernah main coba bedain tingkat kebodohan di game
ini sama Persona 3 yang “sedikit serius” aja udah beda jauh, dan akan menjadi
perbedaan seperti Bumi dan Mars kalau lu bandingin sama karakter Persona 4 yang
semuanya emang tolol sampe ke ubun-ubun.
Ketololan dalam personality karakter di game Persona 3 dan 4
seenggaknya bisa memberikan lu waktu luang buat ketawa-ketawa yang lumayan
banyak di saat dunia mau kiamat dan lu harus mencari cara buat mencegahnya.
![]() |
Narukami (tengah bawah) Sama Gerombolan Detektif Cilik Desa yang Ugal-Ugalan. Kalau Pernah Main Persona 4, Lu Tau sih Betapa Gobloknya Kelompok Ini. |
Malah kebodohan yang menjadi semacam elemen perekat antar
karakter dalam Persona 4, di Persona 3? Tenang ada 3 orang karakter yang jadi
comic relief, gak ada yang bisa ngalahin kebodohan mereka, tapi di Persona 5
gua ngerasa itu kurang banget, ya intinya “kita sama-sama punya passion buat
nyelamatin dunia, tapi kita kurang humor” kasarnya begitu kalau menurut gua.
Kebodohan-kebodohan tersebut yang menurutgua menimbulkan
keceriaan disaat lu menaikkan social link antara karakter lu dengan
teman-temannya atau menjadi bagian dari cara menceritakan kejadian utamanya itu
sendiri, hal ini ngebuat lu seneng, tapi tetap tidak lupa bahwa tujuan akhir
game ini adalah menyelamatkan dunia.
Oh, tapi gua punya satu karakter yang “agak” berkenan di game
ini, yaitu Futaba. Menurut gua Futaba adalah karakter yang paling punya
personality, gua rasa hal ini juga
bersangkutan sama bagaimana karakter ini di bangun dengan visual dan cerita
latar belakang yang menyelubunginya, toh akhirnya secara personal Futaba punya
salah satu peran yang penting di jalan cerita utama yang baru akan terlihat
setelah lu tahu latar belakang karakter ini.
![]() |
Futaba Sakura, Hikikomori Akut. |
Balik lagi ke personality karakter utama, dari hasil amatan
gua, si Kurusu ini adalah median antara Minato dan Narukami, dimana Narukami
adalah protagonist yang sangat ugal-ugalan kelakuannya, sedangkan Minato adalah
protagonist tradisional yang cool, calm, dan sedikit sadistic. Kurusu yang
berada di tengah-tengah, terasa hambar menurut gua, dia gak punya sebuah ciri
khas yang membuat dia menonjol, kadang ugal-ugalan, kadang sadis, gak jelas
arahnya kemana.
Dari sisi penjahat juga agak aneh menurut gua, mungkin
karena konsep yang di usung sama Persona 5, lu udah bisa tau siapa orang jahat
di arc/bab satu sama lainnya, kalau di Persona 4 lu dihadapkan dengan 1
penjahat yang punya grand scheme, atau Persona 3 yang penjahatnya ternyata memanfaatkan
sebuah kesalahan masa lalu dengan sebuah rencana yang menggigit.
Di game Persona 3 dan 4 lu akan diajak untuk main
tebak-tebakan dari awal game untuk mencari siapa pelaku utamanya, tapi kalau
Persona 5 lu kaya dihadapin sama sebuah bab yang tiap babnya udah ketahuan
siapa orang jahatnya,sampai pada akhirnya lu akan lawan entitas yang paling
jahat. Walaupun harus gua akui, Persona 5 memiliki plot twist paling
mencengangkan seperti headline click bait di penghujung gamenya.
![]() |
Petugas Pom Bensin di Persona 4, Cuma Nongol Pas di Awal sama Akhir, Siapa dia? Cari Tau Sendiri. |
Gua gak bilang Persona 5 adalah game yang jelek, karena game
ini gak jelek sama sekali, toh ini adalah game Persona dengan cerita paling
kompleks, luas, dan play time paling panjang, tetapi keluasa tersebut jadi
sebuah boomerang personal buat gua. Banyak kok memorable moment game ini, kaya
pas valentine kalau lu macarin banyak cewe, itu sangat bodoh di bagian akhirnya
menurut gua (liat aja di youtube kalo penasaran), atau plot twist paling
mencengangkan ujung game ini, tetapi tetap saja walaupun begitu, gua kurang “ngeunah”
sama game ini.
Akhir kata ini adalah tulisan tentang selera, jangan halangi
tulisan ini buat menjadikan Persona 5 menjadi salah satu game yang lu sukai
atau lu benci, mungkin lu bisa dapet perspektif lain setelah main sendiri game
tersebut. See you next time!